Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-kisi Ujian Madrasah (UM) MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2021/2022

Asnanmuhammed.com - Ujian Madrasah (UM) MTs Tahun 2022 merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik untuk jenjang pendidikan Menengah pertama. Ujian Madrasah MTS Tahun 2022 ini, merupakan salah satu syarat yang harus diikuti oleh seluruh siswa kelas IX (Sembilan) dalam mengakhiri kegiatan belajar selama duduk di Madrasah Tsanawiyah.


Kegiatan Ujian Madrasah (UM) MTS Tahun 2021/2022 salah satu jenis penilaian yang dilakukan oleh Madrasah.  Untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan, perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan Ujian Akhir Madrasah (UM/UAM).

Pelaksanaa UM MTs Tahun 2021/2022 diatur melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Ujian Madrasah MTS Tahun 2021/2022 merupakan bagian Ujian Madrasah, yakni kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilaksanakan oleh madrasah untuk semua mata pelajaran. Perbedaannya dalam Ujian Madrasah hanya mata pelajaran tertentu saja yang diujikan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan penilaian hasil belajar pada akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menyiapkan kisi-kisi ujian madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut;

Kisi-kisi mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab sebagaimana terlampir disusun berdasarkan KMA 183 Tahun 2019.

Kisi-kisi mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab dijadikan pedoman Guru dalam menyusun naskah soal UM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI, MTs dan MA/MAK

Naskah soal UM tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, ertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Penyusunan soal UM wajib memperhatikan prinsip utama pembelajaran pada Masa Pandemi, yaitu keselamatan dan keamanan seluruh warga madrasah dari ancaman penyebaran COVID-19. Dengan demikian soal UM agar disajikan secara proporsional dan mampu memancing munculnya kompetensi yang akan diukur, namun tidak sampai menimbulkan tersitanya banyak waktu san kelelahan siswa yang berlebihan. Kesempatan siswa untuk menjaga kebugaran dan kesehatan wajib menjadi perhatian semua pihak.

Jumlah soal ditetapkan oleh masing-masing madrasah sesuai proporsi yang diperlukan untuk mengukur kompetensi siswa.

Sesuai dengan POS UM Tahun Pelajaran 2021/2022, pada masa Pandemi Covid-19 maka madrasah dapat memilih salah satu dan/atau beberapa bentuk ujian sesuai kompetensi yang dinilai. Bentuk ujian dimaksud antara lain portofolio, penugasan, praktek, tes tertulis dan atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah sesuai dengan kondisi masing-masing madrasah/daerah. Khusus bentuk portofolio, bukan bermakna dibuat ujian portofolio, namun dalam kondisi yang sangat darurat di masa pandemi sehingga tidak memungkinkan dilakukan pelaksanaan bentuk ujian yang lazim, maka madrasah diberi peluang melakukan penilaian berdasarkan portofolio pekerjaan siswa yang sudah ada sebelumnya selama siswa belajar.

Berikut Kami Lampirkan Kisi-kisi UM TP. 2021/2022

Kisi-kisi Ujian Madrasah (UM) MTs Tahun Pelajaran 2021/2022


Demikian informasi yang dapat admin sampaikan tentang "Kisi-kisiUjian Madrasah (UM) MTs Tahun Pelajaran 2021/2022", terimakasih atas kunjungannya, mohon komentarnya agar Blog ini dapat terus berkembang dan berguna bagi semua orang, semoga bermanfaat.

Untuk mendownload Kisi-Kisi Ujian Madrasah (UM) Jenjang MTs Tahun Pelajaran 2021/2022 lengkap sesuai dengan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Klik  DOWNLOAD.


Post a Comment for "Kisi-kisi Ujian Madrasah (UM) MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2021/2022"