Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Lengkap Administrasi Panitia PPDB SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA/MA TP. 2022/2023

contoh-lengkap-administrasi-panitia-ppdb-2022

Asnanmuhammed.com - Contoh Lengkap Administrasi Panitia PPDB SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA/MA TP. 2022/2023 - Penerimaan peserta didik merupakan salah satu aktivitas penting dalam menjaring dan pengelolaan peserta didik baru, Sebab aktivitas penerimaan ini menentukan seberapa jumlah penerimaan/input yang dapat diterima oleh suatu sekolah/madrasah. 

Agar pelaksanaan kegiatan penerimaan peserta didik baru dapat berjalan dengan lancar sesuai yang direncanakan maka setiap sekolah perlu menyiapkan beberapa pemberkasan/administrasi perlengkapan panitia pelaksana untuk menunjang telaksananya kegiatan PPDB secara objektif, akuntebel, efektif,  transparan dan tidak diskriminatif. dengan tujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan dengan baik.

Penyiapan sebuah konsep pun perlu dilakukan oleh pihak sekolah, kepala sekolah biasanya membuat  Surat Keputusan (SK) Pembetukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Yang kemudian dengan dasar SK tersebut segala proses dari awal hingga akhir kegiatan PPDB diserahkan kepada panitia PPDB yang tercantum dalam SK Panitia PPDB.

Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) keberadaannya sangat dibutuhkan di Sekolah karena dengan adanya Kepanitiaan PPDB, Sekolah menjadi lebih mudah dan efisien dalam pengelolaan administrasi Calon Peserta Didik Baru. Penerimaan peserta didik baru dikatakan sangat penting karena jika tidak ada peserta didik yang diterima di sekolah, berarti tidak ada yang harus ditangani atau diatur.

Mengingat pentingnya persiapan dan pengelolaan administrasi/perlengkapan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) maka sebagai panitia harus menyiapkan hal-hal yang diperlukan dalam kegiatan PPDB supaya bisa berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

Berikut ini Admin sajikan kepada Anda Administrasi PanitiaPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA/MA TP. 2022/2023 yang harus disiapkan oleh Panitia PPDB :


1.    SK Pembentukan Panitia PPDB

2.    Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB Sekolah/Madrasah

3.    Materi Rapat Kordinasi Panitia PPDB

4.    Jadwal Kegiatan Panitia PPDB

5.    Susunan Panitia PPDB

6.    Jadwal Piket Sekretariat PPDB

7.    Perlengkapan/Barang ruang sekeretariat PPDB

8.    Daftar Hadir Piket PPDB

9.    Formulir Pendaftaran PPDB

10. Brosur/Banner PPDB

11. Perlengkapan Verifikasi dan Validasi PPDB

12. Perlengkapan Tes Akademik calon Peserta didik baru

13. Surat Keputusan (SK) Peserta Didik Diterima di Madrasah/Sekolah

14. Surat Pernyataan Orangtua

15. Surat Izin Belajar tatap muka dari orang tua/wali berkaitan dengan prokes covid -19

16. Perlengkapan Kegiatan MOS/MPLS/MPLM/Matasba

17. Laporan Kegiatan PPDB

Mari kita bahasa satu persatu dari administrasi yang perlu disiapkan oleh Panitia PPDB suatu sekolah atau madrasah, karena administrasi sangat penting sebagai penunjang kinerja panitia PPDB.


1.    SK Pembentukan Panitia PPDB

Surat keputusan merupakan sebuah surat atau ketetapan yang dibuat oleh kepala sekolah/madrasah dalam bentuk tertulis dengan berdasarkan dari peraturan perundang undangan yang mengatur. Surat keputusan bersifat konkret, individual dan final. Oleh sebab itu dalam prosesnya pembuatan surat keputusan langsung ditujukan kepada pihak yang dimaksud dan tidak disebarkan secara umum.

Surat Keputusan (SK) memilki fungsi sebagai dasar hukum dari suatu tindakan, kegiatan, kondisi, ataupun fungsi status dari pada sesuatu atau bagi seseorang, yang dijadikan legal/resmi untuk menetapkan atau mempertahankan sesuatu yang diputuskan tersebut.

Kepala sekolah/madrasah mengeluarkan Surat Keputusan tentang Kepanitian PPDB agar lebih mudah dan efisien dalam pengelolaan administrasi Calon Peserta Didik Baru. Orang-orang yang namanya tercantum dalam SK mempunyai kewajiban melaksanakan tugas sesuai yang tertulis dalam SK tersebut. Berikut ini contoh SK Panitia PPDB sebuah Sekolah.


Baca Juga :

Contoh SK Panitia PPDB


Download Contoh SK Kepanitiaan PPDB :

2.    Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB Sekolah/Madrasah

 

Petunjuk Teknis PPDB Merupakan pedoman bagi Kepala Madrasah/sekolah, orang tua/wali calon siswa, masyarakat, dan para pemangku kepentingan lainnya dalam rangka pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Selain itu, Juknis PPDB sebagai penjamin penerimaan peserta didik baru di madrasah/sekolah TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan yang berkeadilan.

 

Petunjuk teknis atau Juknis disini perlu disiapkan oleh panitia untuk mengatur segala hal yang dibutuhkan dalam pelaksanaan PPDB meliputi ;

a.    Ketentuan Umum Pendaftaran

b.    Tata Cara Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru

c.    Tahapan Verifikasi dan Validasi Berkas Pendaftaran

d.    Tahapan Tes Akademik

e.    Ketentuan Khusus, Dan Lain-Lain


Berikut ini Contoh Petunjuk Teknis PPDB Madrasah/sekolah



Baca Juga :

Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB Sekolah/Madrasah

 

Download Contoh Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB Sekolah/Madrasah :


3.    Materi Rapat Kordinasi Panitia PPDB

Koordinasi memiliki arti upaya mengarahkan, menyeimbangkan, menyatupadukan, menyelaraskan, mengsinkronisasikan, menghubungkan kegiatan dari orang-orang, kelompok orang, atau satuan-satuan kerja dalam suatu organisasi atau antar organisasi-organisasi sehingga kegiatan yang dilaksanakan menjadi teratur., tertib, lancar dan mencapai tujuan secara efisien dan efektif.

Rapat koordinasi PPDB merupakan kegiatan usaha menyatupadukan pemikiran dan rencana kerja dari jajajaran panitia PPDB untuk membentuk satu tujuan dan misi yang sama agar dapat berjalan beriringan sesuai perencanaan. Rapat Koordinasi juga bisa meningkatkan pelayanan dan kinerja panitia, Panitia merupakan ujung tombak pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sebuah sekolah/madrasah.

Dapat disimpulkan Rapat koordinasi merupakan fungsi menejemen dan pengelolaan kegiatan PPDB yang berkenaan dengan usaha penyatupaduan, sinkronisasi, integrasi dan harmonisasi program dan rencana kerja panitia PPDB di suatu sekolah atau Madrasah maka selaku Panitia PPDB harus dapat menjalankan fungsi koordinasi kepanitiaan secara efektif sesuai tugas dan wewenangnya.

Berikut ini Materi Rapat Kordinasi Panitia PPDB

Baca Juga :

Materi Rapat Kordinasi Panitia PPDB

Download Contoh Materi Rapat Kordinasi Panitia PPDB


4.    Jadwal Kegiatan Panitia PPDB


Berikut ini Contoh   Jadwal Kegiatan Panitia PPDB

 

Baca Juga :

Contoh Jadwal Kegiatan Panitia PPDB

 

Download Contoh Jadwal Kegiatan Panitia PPDB

5.    Susunan Panitia PPDB

Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) keberadaannya sangat dibutuhkan di Madrasah karena dengan adanya Kepanitiaan PPDB, Madrasah menjadi lebih mudah dan efisien dalam pengelolaan administrasi Calon Peserta Didik Baru. Penerimaan peserta didik baru dikatakan sangat penting karena jika tidak ada peserta didik yang diterima di Madrasah, berarti tidak ada yang harus ditangani atau diatur.

Mengingat pentingnya pengelolaan dan penyebaran informasi tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) maka perlu adanya pembentukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) karena keberadaan Panitia PPDB sangat dibutuhkan di Sekolah/Madrasah. Dengan adanya Kepanitiaan PPDB, Madrasah/sekolah menjadi lebih mudah dan efisien dalam pengelolaan administrasi Calon Peserta Didik Baru. Penerimaan peserta didik baru dikatakan sangat penting karena jika tidak ada peserta didik yang diterima di Sekolah/Madrasah, berarti tidak ada yang harus ditangani atau diatur.

Susunan Panitia biasanya tergabung atau menjadi lampiran dari Surat Keputusan  (SK) Kepala Sekolah/Madrasah. Kepala Sekolah mengeluarkan Surat Keputusan tentang Kepanitian PPDB 2021 guna mensukseskan penerimaan Peserta Didik Baru dalam masa kerja beberapa bulan, biasanya kepanitiaan PPDB dibentuk di Semester Genap dari Tahun Pelajaran.

Berikut ini contoh Susunan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).


Baca Juga :

Contoh Susunan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

 

Download Contoh Susunan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)


6.    Jadwal Piket Sekretariat PPDB

Untuk Menumbuhkan kekompakan, Menumbuhkan rasa peduli, Memberikan pengaruh baik pada sekolah, dan Menciptakan rasa tanggung jawab bersama Panitia PPDB, maka perlu dibuat Jadwal Piket sekretariat PPDB. Tugas Piket PPDB yaitu menjaga, mengelola dan memberi pelayanan kepada pendaftar/calon peserta didik baru.

Berikut ini contoh Jadwal Piket Sekretariat PPDB

 

Baca Juga :

Contoh Jadwal Piket Sekretariat PPDB

 

Download Contoh Jadwal Piket Sekretariat PPDB


7.    Perlengkapan/Barang ruang sekeretariat PPDB

Mengutip dari buku Manajemen Pendidikan (2020) karya Suhelayanti dan kawan-kawan, secara etimologis, sarana diartikan sebagai alat langsung yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan prasarana berarti alat tidak langsung yang dimanfaatkan untuk meraih tujuan. Bisa disimpulkan jika sarana dan prasarana merupakan seluruh benda, baik yang bergerak ataupun tidak, digunakan untuk meraih tujuan bersama.

Sarana dan prasarana dibutuhkan dalam kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sarana dan prasarana menjadi faktor penunjang dalam menjalankan aktivitas pengelolaan managemen kegiatan PPDB. Sarana dan prasarana Sekretariat PPDB itu bersifat kondisional, melihat kondisi yang ada dan hal-hal yang dianggap perlu. Satu sekolah dengan sekolah lain pasti memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda dalam menyiapkan sarana prasarana PPDB, untuk itu admin hanya memberi gambaran sebagai refrensi bapak/ibu panitia PPDB, perlengkapan yang admin berikan ini bisa ditiru semuanya ataupun sebagainya.

Berikut ini contoh Sarana prasarana Perlengkapan/Barang ruang sekeretariat PPDB


Baca Juga :

Contoh Sarana prasarana Perlengkapan/Barang ruang sekeretariat PPDB

 

Download Contoh Sarana prasarana Perlengkapan/Barang ruang sekeretariat PPDB

 

8.    Daftar Hadir Piket PPDB


Sebagai bukti sekaligus termasuk sarana prasarana secretariat PPDB, Daftar Hadir juga perlu dibuat oleh panitia PPDB untuk mencatat kehadiran bapak/ibu guru yang mendapat tugas piket PPDB. Dengan Daftar Hadir ini panitia bisa menilai dan melihat keseriusan dari teman-teman panitia dalam menyukseskan kegiatan PPDB karena kehadiran sesuai jadwal piket itu sangat penting bagi keberlangsungan proses pelayanan PPDB, jangan sampai ada calon peserta didik baru ingin mendaftar namun panitia PPDB tidak ada di secretariat. ini berbahaya memiliki dampak buruk bagi calon orangtua/wali sekaligus calon peserta didiknya, kesan pertama yang diterima kurang baik.

Sebagai panitia yang sudah ditetapkan di Surat Keputusan dan jadwal piket tentunya harus bisa menjalankan tugas dengan baik agar calon peserta didik dan calon orangtuanya merasa puas dengan pelayanan dari panitia.


Berikut ini contoh Daftar Hadir Piket PPDB

 

Baca Juga :

Contoh Daftar Hadir Piket PPDB

 

Download Contoh Daftar Hadir Piket PPDB


9.    Formulir Pendaftaran PPDB

Winardi dalam buku Asas-asas Manajemen (2000) menyebutkan bahwa formulir adalah sehelai kertas cetak yang menyediakan ruang untuk dimuat catatan-catatan informas atau instruksi-instruksi yang akan diteruskan kepada individu, departemen, ataupun perusahaan.

Sehingga formulir PPDB adalah kertas yang dicetak sesuai dengan format yang telah ditentukan. Format tersebut kemudian bisa diisi sesuai dengan jenis informasi yang diperlukan oleh sekolah atau madrasah untuk mengumpulkan dan merekam data, sebagai bukti untuk pertanggungjawaban, meminta dan mencatat suatu tindakan, juga sebagai media komunikasi baik antarindividu atau antara individu dengan sekolah/madrasah.

Formulir PPDB biasanya berisi :

1)    Jenis Pendaftaran

2)    Registarasi Pendaftaran

3)    Data diri calon peserta didik

4)    Alamat Calon Peserta didik

5)    Data Orangtua/wali

·         Data Ayah

·         Data ibu

·         Data wali

Berikut ini contoh Formulir Pendaftaran PPDB

 

Baca Juga :

Contoh Formulir Pendaftaran PPDB

 

Download Contoh Formulir Pendaftaran PPDB


10.    Brosur/Banner PPDB

Banner adalah suatu media promosi/ publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk portrait atau vertikal. Sebelum dicetak, banner didesain terlebih dahulu menggunakan komputer dan software pengolah gambar/grafis seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Banner yang telah dicetak oleh panitia PPDB biasanya dipasang dilokasi-lokasi yang strategis seperti lokasi keramaian agar informasi PPDB bisa lebih efisien tersampaikan. Sedangkan Brosur-brosur PPDB dibagikan kepada sekolah/madrasah yang status jenjang pendidikannya lebih rendah dari sekolah penyelenggara PPDB, misalkan penyelenggara PPDB adalah sekolah SMA/SMK/MA maka target Brosur adalah siswa/I kelas akhir di SMP/MTs.

Selain dicetak, Di era digital saat ini banner sering digunakan untuk menjelaskan sebuah media promosi yang berisi gambar dan teks menarik perhatian pada sebuah website/blog atau media social seperti Facebok, Instagram, Whatsapp dan sebagainya. Banner pada sebuah website/blog atau media sosial biasanya disertai dengan link aktif yang saat diklik/ditab akan mengarahkan user menuju ke website/ blog dari sekolah atau madrasah yang dipromosikan.

Berikut ini contoh Brosur/Banner PPDB


    1. Contoh Brosur PPDB


    2. Contoh Banner PPDB


Baca Juga :

Contoh Brosur/Banner PPDB

Download Contoh Brosur/Banner PPDB

11. Perlengkapan Verifikasi dan Validasi PPDB


Untuk menunjang suksesnya pelaksanaan verifikasi dan Validasi PPDB, Panitia perlu menyiapkan perlengkapan administrasi pendukung. Administrasi perlengkapan ini diharapkan mampu mempermudah dalam pengelolan administrasi panitia PPDB dalam memberi pelayanan kepada calon peserta didik baru dan calon wali murid.

Perlengkapan administrasi Verval PPDB ini bersifat kondisional, melihat kondisi yang ada dan hal-hal yang dianggap perlu. Satu sekolah dengan sekolah lain pasti memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda dalam menyiapkan Perlengkapan administrasi Verval PPDB, untuk itu admin hanya memberi gambaran sebagai refrensi bapak/ibu panitia PPDB, perlengkapan yang admin berikan ini bisa ditiru semuanya ataupun sebagiannya.

Berikut ini contoh Perlengkapan Verifikasi dan Validasi PPDB

 

Baca Juga :

Contoh Perlengkapan Verifikasi dan Validasi PPDB

 

Download Contoh Perlengkapan Verifikasi dan Validasi PPDB

12. Perlengkapan Tes Akademik calon Peserta didik baru


Dalam rangka mengetahui kemampuan kognitif calon peserta didik maka panitia perlu juga mengadakan proses Tes Akademik. Tes Akademik merupakan cara untuk mengetahui kemampuan akademik/pengetahuan (kognitif) dari calon peserta didik melalui tes tertulis berbasis kertas pensil maupun berbasis komputer.

 

Berikut ini contoh Perlengkapan Tes Akademik PPDB

 

Baca Juga :

Contoh Perlengkapan Tes Akademik PPDB

 

Download Contoh Perlengkapan Tes Akademik PPDB

 

13. Surat Keputusan (SK) Peserta Didik Diterima di Madrasah/Sekolah

Surat keputusan ialah suatu ketetapan tertulis yang dibuat oleh sekolah/madrasah dengan dasar aturan perundang-undangan yang tengah berlaku. Surat ini bersifat final, individual, dan konkret.

Berikut ini contoh SK Peserta Didik Diterima di Madrasah/Sekolah

 

Baca Juga :

Contoh SK Peserta Didik Diterima di Madrasah/Sekolah

 

Download Contoh SK Peserta Didik Diterima di Madrasah/Sekolah

14. Surat Pernyataan Orangtua

Surat pernyataan dibuat sendiri oleh orangtua/wali yang bersangkutan untuk mengikat perseorangan atau kelompok kepada pihak lain dalam kesanggupan tertentu, menjelaskan sesuatu atau mengakui sesuatu beserta risiko yang akan dihadapi.

Dalam surat pernyataan terdapat aspek legalitas yang harus dit ditulis oleh orangtua/wali calon peserta didik baru. Untuk mendapatkan pengakuan hukum maka surat pernyataan harus ditandatangani di atas materai sehingga pernyataan yang dibuat bisa dipertanggungjawabkan. Pembubuhan materai sebagai unsur dari pengakuan akan lebih memperkuat isi dan penjelasan yang termuat dalam surat tersebut.

Berikut ini contoh Surat Pernyataan Orangtua

 

Baca Juga :

Contoh Surat Pernyataan Orangtua


Download Contoh Surat Pernyataan Orangtua

15. Surat Izin Belajar tatap muka dari orang tua/wali berkaitan dengan prokes covid -19

Memasuki Tahun Pelajaran 2022/2023, di beberapa sekolah atau madrasah akan melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). Kebijakan ini tentunya harus memenuhi ijin dari berbagai pihak, di antaranya adalah izin dari Satuan Gugus Covid-19 pemerintah daerah setempat, Kemenag, pihak-pihak lain terkait dan yang paling utama adalah pemberian ijin dari orang tua/walimurid.

Dalam kondisi masih pandemi covid-19, Salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu orang tua/walimurid untuk berkenan mengisi surat pernyataan untuk memberi izin atau tidak kepada putra/putrinya mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Berikut ini contoh Surat Pernyataan Orangtua

 

Baca Juga :

Contoh Surat Pernyataan Orangtua


Download Contoh Surat Pernyataan Orangtua

16. Perlengkapan Kegiatan MOS/MPLS/MPLM/MATASBA

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan dan pembinaan bagi peserta didik. MPLS adalah istilah lain dari MOS (Masa Orientasi Siswa) atau MATASBA (Masa Taaruf Siswa Baru). MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur/budaya sekolah.

Berikut ini Contoh Perlengkapan Kegiatan MOS/MPLS/MPLM/MATASBA

 

Baca Juga :

Contoh Perlengkapan Kegiatan MOS/MPLS/MPLM/MATASBA


Download Contoh Perlengkapan Kegiatan MOS/MPLS/MPLM/MATASBA

17. Laporan Kegiatan PPDB

Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan laporan wajib sebagai bentuk pertanggungjawaban Panitia PPDB atas selesainya pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dibuat oleh Panitia PPDB pada awal tahun pelajaran baru baik dijenjang SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA.

Berikut ini Contoh Laporan Kegiatan PPDB

 

Baca Juga :

Contoh Laporan Kegiatan PPDB


Download Contoh Laporan Kegiatan PPDB

Demikian informasi yang dapat admin berikan tentang "Contoh Lengkap Administrasi Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA/MA TP. 2022/2023", mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi refrensi atau gambaran kepada bapak/ibu panitia PPDB dalam menjalankan tugas sebagai Panitia PPDB dan semoga dapat melaksanakan kegiatan PPDB dengan lancar dan sukses. Terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

 

 

 

Post a Comment for "Contoh Lengkap Administrasi Panitia PPDB SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA/MA TP. 2022/2023"